Sunday 22 March 2015

Koto Alam - Ku letakkan kakiku serentak di dua hemisfera bumi di Tugu Equator Kota Alam

Tugu Khatulistiwa di Koto Alam




Tugu Khatulistiwa atau dikenali juga sebagai tugu Equator ini terletak di Koto Alam, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat, Indonesia. Tugu ini dibina betul-betul di tepi jalan “Lintas Riau – Sumbar”. Tugu ini mula dibina di zaman penjajahan Belanda dan dibaiki di zaman Jepun. Tugu ini pernah disebut sebagai Sakido Mura, dan sekarang dikenali sebagai telur gajah. Disebut demikian karena memang bentuknya hanya berupa bola besar di pinggir jalan 

Garis khatulistiwa adalah garis yang membahagi planet bumi menjadi dua bahagian sama besar, iaitu hemisfera utara dan hemisfera selatan. Garis Khatulistiwa yang melintangi garis barat-timur adalah garis yang terpanjang di antara garis-garis lintang lainnya. Garis inilah yang menentukan koordinat lintang (latitude) untuk lokasi manapun di permukaan bumi.

Tugu ini jadi penanda jalur garisan khatulistiwa
Garis khatulistiwa juga penanda utama yang amat menentukan wajah iklim di Bumi. Menurut kajian, Indonesia menjadi negara dengan perlintasan garis khatulistiwa terpanjang iaitu dari garis bujur 98,20996 BT hingga 130,10490 BT. 
 Di Pulau Sumatra, terdapat Gerbang Khatulistiwa dan Taman Equator di Bonjol serta Bola Khatulistiwa di Koto Alam, Kab. Limapuluh Kota (keduanya di Sumatra Barat). Juga berdiri Tugu Equator di kab. Pelalawan (Riau). Sementara di Pulau Kalimantan terdapat Tugu Khatulistiwa Pontianak (Kalimantan Barat) dan Tugu Khatulistiwa Santan Ulu, Bontang (Kalimantan Timur). Dan di Pulau Sulawesi terdapat Tugu Khatulistiwa Parigi Moutong (Sulawesi Tengah). 
Surau dekat Tugu Khatulistiwa Koto Alam

No comments: