Sunan Ampel atau Raden
Rahmat sampai ke Jawa pada tahun 1446 Masehi. Beliau berketurunan Arab dan
mempunyai kerabat dalam kerajaan Islam Champa di Kemboja. Raden Rahmat ini
berkelana ke tanah India dan Arab. Satu
hari dia berhajat untuk pulang ke Champa untuk menemui neneknya, malangnya
ketika itu kerajaan Champa telah dikalahkan oleh musuhnya, Raden Rahmat lalu menuju ke Tanah Jawa
menemui emak saudaranya yang menjadi isteri Raja Majapahit. Nama raja majapahit
itu ialah Raja Brawijaya yang masih beragama Hindu. Raden Rahmat akhirnya
keluar dari istana dan menetap di daerah Ampel Denta Surabaya. Sebab
itulah beliau dikenali sebagai Sunan Ampel.
Makam Sunan Ampel terletak di luar masjid. Setiap hari ramai orang berkumpul dan membaca yasin serta bertahlil. |
Tugas utama Sunan Ampel ialah mengislamkan
masyarakat Jawa yang masih kuat berpegang dengan agama Hindu. Beliau mula berdakwah dan membina pesantren di
daerah Ampel ini. Pada masa banyak perbuatan tercela yang dilakukan oleh
masyarakat. Misalnya anak-anak raja yang
hidup berfoya-foya, gemar mabuk dan berjudi.
Masyarakat di Jawa ketika
itu menganut aliran Bhairawa Tantra. Aliran itu memiliki ritual panca ma yang
berarti mamsa (daging), matsya (ikan), madya (minuman keras), maithuna
(bersetubuh), dan mudra (semedi). Dalam pelaksanaan ritual Bhairawa Tantra,
para laki-laki dan perempuan dalam keadaan telanjang membentuk lingkaran. Di
tengah-tengahnya ada panca ma. Mereka makan dan minum minuman arak sampai
mabuk. Selanjutnya mereka akan melakukan seks bebas yang kemudian dilanjutkan
dengan semedi bersama-sama. Raja Brawijaya melihat ritual tersebut sebagai
suatu hal yang keterlaluan dan melampaui batas. Kemudian baginda memohon Sunan Ampel untuk menyelesaikan masalah itu.
Sunan Ampel telah membenteras amalan tersebut melalui ajaran Moh
Limo. Ajaran tersebut berupa larangan melakukan lima hal, yakni moh ngombe
(tidak mabuk), moh madat (tidak menggunakan candu atau ganja), moh maling
(tidak mencuri), moh main (tidak berjudi), dan moh medok (tidak melakukan
zina).
Ajaran Moh Limo sendiri
merupakan ubahsuai dari ajaran Bhairawa Tantra. Sunan Ampel mengubah isinya
menjadi selaras dengan ajaran Islam. Pelaksanaan ajaran Bhairawa Tantra pun
dicontoh, yakni dengan membentuk lingkaran dan ada makanan di tengahnya. Hanya
saja, Sunan Ampel menciptakan kegiatan melingkar tersebut dengan acara berdoa
bersama secara Islam. Dari kegiatan inilah lahirnya istilah kenduri. Sunan Ampel telah memperkenalkan amalan
kenduri bagi menggantikan amalan agama Hindu ketika itu. Itulah kebijakan ulama
zaman silam ketika berdakwah.
Comments